Wayang indonesia : TPS Diramaikan Wayang Orang

0 237

Banyak cara yang digunakan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membuat gelaran pilkada tak membosankan dan lebih menarik. Salah satunya dilakukan di TPS 10 Desa Baturan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sini dua hajatan digelar sekaligus yaitu Pilkada Jawa Tengah dan Kabupaten Karanganyar, Rabu (27/6/2018). Sekilas tak ada yang berbeda dengan TPS 10 yang bertempat di halaman rumah seorang warga itu.

Di dekat pintu masuk terdapat papan yang ditempeli foto para kandidat dan daftar pemilih tetap (DPT) untuk TPS tersebut. Dua orang anggota pertahanan sipil (hansip) terlihat berjaga di pintu masuk bersama seorang personel kepolisian. Sementara di dalam lokasi TPS, terdengar suara petugas memanggil warga yang akan memberikan suara. Nah uniknya, para petugas di TPS 10 ini mengenakan pakaian yang tak biasa. Mereka semua mengenakan pakaian yang biasa digunakan dalam pentas wayang orang. Margono, seorang tokoh masyarakat setempat, mengatakan bahwa kebiasaan mengenakan pakaian unik ini sudah kerap dilakukan.

Di pemilihan umum terakhir para petugas mengenakan beskap (pakaian khas Jawa)

kata Margono.

Source Kompas regional.kompas.com/read/2018/06/27/11445671/tps-di-karanganyar-ini-diramaikan-wayang-orang-dan-organ-tunggal
Comments
Loading...