Wayang Indonesia : Wayang bagai Media Dakwah

0 59

Sejarah penyebaran islam di nusantara tidak lepas dari peran walisongo. Walisongo terutama Sunan Kalijaga menggunakan pendekatan budaya untuk menyebarkan islam. Pendekatan ini dipilih dalam rangka memudahkan dakwah kepada masyarakat yang pada masa itu masih menganut hindhu – budha. Salah satu bentuk kesenian yang dipakai adalah wayang purwa atau wayang kulit. Kesenian ini diciptakan oleh para wali untuk syiar agama Islam sekaligus mengumandangkan rasa persaudaran antara agama khususnya Islam dan Hindhu.

Suluk-suluk dan tembangnya disadur dari ayat-ayat suci Al-Qur’an. Gamelan atau musiknya dikembangkan dari karawitan yang ada dilengkapkan menjadi seperti sekarang, yaitu slendro dan pelog. Setiap komponen diberi makna sesuai tuntunan hidup dalam agama Islam. Sedangkan ceritanya disadur dari kisah Mahabarata dan Ramayana. Sunan kalijaga yang merupakan Salah satu dari walisongo mempunyai pandangan bahwa dakwah itu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Adat istiadat rakyat yang berbau Hindhu dan Budha jangan langsung diberantas, akan tetapi diperlihara dan dihormati sebagai suatu kenyataan. Adapun cara mengubahnya dengan sedikit demi sedikit memberi warna baru kepada budaya yang lama (Hindhu dan Budha) mengikuti sambil mempengaruhi dan mengisinya dengan jiwa Islam, maka dengan sendirinya kebiasaan lama akan hilang.

Source sulthanalghazi.blogspot.com sulthanalghazi.blogspot.com/2016/03/wayang-sebagai-media-dakwah.html
Comments
Loading...