Wayang Indonesia : Wayang Bisa Mencegah Radikal

0 95

Wayang Universitas Indonesia Sarlito Wirawan mengatakan budaya wayang bisa mencegah pengaruh buruk budaya luar dan paham radikalisme.

Budaya asing bisa hancurkan sistem sehingga kita perlu mengangkat budaya leluhur. Mau tidak mau kita harus mempertahankan budaya sendiri dari serangan budaya asing yang mempunyai pengaruh buruk di generasi muda

kata Sarlito di sela-sela acara Gebyar Wayang UI 2015 di Rektorat UI Depok, Kamis. Ia mengatakan Pemerintah Korea Selatan dalam mengembangkan budaya K-Pop mempersiapkan sejak 10-15 tahun lalu sehingga budaya tersebut digandrungi generasi muda di dunia.

Yang penting memang komitmen pemerintah dalam memperhatikan budaya tradisional

ujarnya. Sarlito juga mengatakan pementasan seni budaya tradisional seperti wayang harus dikemas sedemikian rupa agar menarik minat para generasi muda.

Yang penting menarik dulu tidak perlu lama-lama pertunjukan wayangnya

katanya. Nantinya, kata dia, akan ada cerita dari teman ke teman tentang pertunjukan wayang. Setelah setelah mereka menginginkan tahu lebih dalam tentang wayang akan menyaksikan semalam suntul. Ia mencontohkan tari kecak Bali yang penampilannnya tidak terlalu lama dan dikemas dengan menarik sehingga mampu menarik masyarakat termasuk para wisatawan lokal maupun internasional.

Memang kita akui masyarakat Bali itu lebih dinamis

katanya. Sementara itu Komunitas Wayang Universitas Indonesia (UI) menggelar Gebyar Wayang UI 2015 (GWUI) 21-23 Mei 2015 di Balairung UI kampus Depok.

Jaga tradisi karya.

Source Berita id.beritasatu.com/home/budaya-wayang-bisa-mencegah-radikalisme/116893
Comments
Loading...