Wayang Indonesia : Wayang & Etika Kepemimpinan

0 78

Wayang Dan Kearifannya
Selanjutnya, kembali pada nilai nilai kearifan yang datang dari budaya bangsa patut mendapat porsi lebih. Karena nilai nilai tersebut selain membuat kita tak lupa pada purwadaksina (asal usul), ajaran yang dikandungnyapun tak kalah canggih dengan sejumlah pemikiran

stensilan

barat. Wayang dalam hal ini bisa kita jadikan bahan pembelajaran. Menurut akademisi Universitas Indonesia Darmoko, wayang memiliki nilai moral serta seni yang akan selalu mendominasi dalam setiap ceritanya. Hal itu diamini pula oleh pengamat kebudayaan Dr. A Ciptoprawiro, bila kesenian yang telah ditetapkan sebagai “A Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity” oleh Unesco ini dianggap sebagai pagelaran kesenian yang menyajikan banyak nilai sebagai tuntunan (etika) dan tontonan (estetika).

Sebelum tokoh tokoh barat macam Abraham Zalzenik, John P. Kotter, James M. Kauzes, Barry Z. Posner atau Burt Nanus merumuskan teori kepemimpinan versi mereka masing masing, nilai nilai kearifan wayang sudah mendedahkan perkara bila sebaik baik pemimpin adalah ia yang dapat meresapi hakikat Purwa Sajati. Inilah tipe kepemimpinan yang bersifat amanah dan terpercaya. Didalamnya terkandung ajaran sepi hing pamrih rame hing gawe.

Source Kompas kompasiana.com/suguhkurniawan/550f2ba1813311b72cbc675a/wayang-dan-etika-kepemimpinannya#
Comments
Loading...