Wayang Indonesia : Wayang, Identitas Budaya INA

0 81

Meskipun masih terdapat perdebatan yang panjang soal keraguan orisinilatias Wayang kulit namun lembaga dunia UNESCO sudah meresmikan wayang kulit sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 7 November 2003 lalu. Hal itu sekaligus mengukuhkan bahwa wayang kulit adalah kebudayaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia dimata dunia Internasional.

Pandagan saya terhadap Wayang Kulit juga sebagai ekspresi seni yang merepresetasikan masyarakat Jawa sebagai masyarakat yang harmonis dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, bisa dilihat dari alur-alur cerita penuh dengan pesan moral dan penggunaan bahasa yang mempunyai tingkatan. Masyarakat Jawa menggunakan media wayang sebagai sarana untuk menunjukkan jati dirinya kepada masyarakat dunia. Dengan wayang masyarakat Jawa menginginkan sebuah pengakuan dari dunia diluar mereka agar mengakui

keberadaannya

sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai keharmonisan. Wayang berperan sebagai budaya untuk membentuk identitas kolektif. Meskipun pagelaran Wayang Kulit popular di Jawa Tengah dan Jawa Timur tetapi semua kalangan dapat menikmati tidak terbatas di daerah itu sendiri inilah mengapa bisa disebut sebagai Identitas Indonesia karena dapet merangkul seluruh elemen masyarakat.

Source Kompas kompasiana.com/faizdira/581a065fb19273c75d70a13d/wayang-kulit-menyatukan-semua-unsur-seni-dan-budaya
Comments
Loading...