Wayang Indonesia : Wayang Itu, Indonesia Banget

0 61

Hanya Wayang Kulitlah yang ditunjuk dan diakui oleh UNESCO sebagai wayangnya Indonesia. Pada tanggal 7 November 2003, Wayang Kulit dinyatakan sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (maha karya dalam bidang cerita narasi dan warisan umat manusia yang berharga”). Di Indonesia, Wayang Kulit sendiri lebih identik dengan seni-budaya dari pulau Jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun ada juga Wayang Kulit dari Sumatera, Kalimantan, Lombok, Bali, Betawi dan bahkan Suriname. Kata

wayang

berasal dari kata Ma Hyang yang mengacu kepada Yang Maha Esa. Sesuai dengan namanya, Wayang Kulit terbuat dari kulit yang umumnya dari hewan kerbau. Bagian tubuh wayang dilengkapi dengan pegangan berupa tangkai dari bahan tanduk, dimana bagian tubuh seperti tangan dan kakinya dipasang sekrup yang juga terbuat dari tanduk kerbau. Berdasarkan tradisinya, Wayang Kulit biasanya digelar secara langsung pada malam hari dengan bantuan penerangan yang menghasilkan bayangan wayang di layar.

Kini wayang bisa hadir dalam bentuk lain. Wayang “modern” bisa juga tampil dalam format 3D. Menurut petugas di Museum Wayang, film pendek karya anak bangsa ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara yang dapat ditonton tanpa menggunakan kacamata 3D. Tayangan berdurasi 10 menit ini hanya memperkenalkan beberapa tokoh wayang dari kisah Mahabharata seperti Arjuna, Bima, dan Srikandi.

Source Kompas kompasiana.com/mamakketol/5500c6e9a333111773511ea6/wayang-itu-indonesia-banget
Comments
Loading...