Wayang Indonesia : Wayang Sebagai Master Piece

0 19
Dunia mengakui wayang sebagai master piece (master perdamaian) karya budaya bangsa Indonesia yang mendapat predikat
The Oral and Intangible World Heritage of Humanity
oleh PBB melalui UNESCO. Namun sebenarnya cukup ironi melihat keadaan saat ini,mengingat generasi muda Indonesia banyak yang tidak mengerti tokoh-tokoh wayang. Wayang mengandung nilai-nilai falsafah kehidupan yang kini sudah mulai pudar oleh ekspansi budaya-budaya dari luar. Memprihatinkan sebenarnya, di masa depan jika tidak ada upaya untuk turut serta melestarikan wayang bukan tidak mungkin negara lain seperti Malaysia mengklaim memiliki wayang.
Wayang dikenal oleh bangsa Indonesia sudah sejak 1500 th. sebelum Masehi, karena nenek moyang kita percaya bahwa setiap benda hidup mempunyai roh/jiwa, ada yang baik dan ada yang jahat. Agar tidak diganggu oleh roh jahat, maka roh-roh tersebut dilukis dalam bentuk gambaran (gambar ilusi) atau bayangan (wewayangan/wayang ), disembah dan diberi sesajen yang kemudian dikenal kemudian dengan kepercayaan Animisme.
Source Kompas kompasiana.com/senda/55095c08813311b16fb1e174/wayang-sebagai-master-piece-karya-budaya-bangsa-indonesia-bangsa-indonesai-yang-mana
Comments
Loading...