Wayang Indonesia : Wayang sebagai Semesta Tanda

0 104

Dunia wayang adalah tanda dan simbol. Mulai dari bentuk bangun wayangnya, perlengkapan pergelaran, struktur pertunjukan, hingga alur cerita, semua merupakan simbol yang kaya akan makna. Pada wilayah simbolik yang berhubungan dengan bentuk bangun wayang, misalnya, bisa ditemukan pada wayang yang dibuat dengan posisi berdiri tegak, posisi agak membungkuk, atau mata bercorak gabahan(menyerupai bentuk gabah). Perbedaan bentuk bangun tersebut bukan semata-mata untuk estetika, tetapi menjadi simbol dari karakter atau wayak masing-masing tokoh. Simbol-simbol dalam wayang juga tampak pada perlengkapan pergelarannya, seperti kelir yang menyimbolkan alam semesta, gedebog(batang pisang) simbol dari bumi, dan blencong pralambang matahari.

Wayangnya sendiri adalah simbol dari manusia dengan berbagai macam tingkah polahnya

kata Ketua Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) Sri Teddy Rusdy dalam Seminar Nasional Filsafat Wayang “Merajut Ke-Indonesiaan dalam Perspektif Filsafat Wayang” di Grha STR, Jakarta, Senin (22/5). Seminar ini dalam rangka peringatan Lustrum X dan Dies Natalis Ke-50 Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, DIY. Sri Tedy mengatakan, alur cerita wayang dari awal hingga akhir juga menyimbolkan tahapan kehidupan manusia dari lahir hingga mati.

Dengan segala simbolnya, wayang akhirnya memiliki unsur tatanan, tontonan, dan tuntunan. Ketua Senat Fakultas Filsafat UGM Prof Joko Siswanto mengatakan, dengan segala simbol dan maknanya, wayang akhirnya menjadi satu pikiran.

Source Kompas kompas.id/baca/utama/2017/05/23/wayang-sebagai-semesta-tanda-dan-simbol
Comments
Loading...