Wayang Indonesia : Wayang, Solusi Mengenalkan

0 29

Hari gini, bicara Wayang? Mendengar kata Wayang, pasti sebagian besar dari kita akan mengernyitkan dahi. Apalagi terhadap generasi muda yang kini kian melesat dengan kemajuan zaman yang ditandai merambahnya internet hingga ke pelosok desa. Jarang sekali dari mereka mengenal wayang, baik dari segi cerita maupun latar belakang. Mungkin hanya beberapa tokoh saja yang dikenal, seperti Arjuna yang banyak orang tahu sebagai pria paling tampan di dunia wayang, lalu Srikandi sebagai perempuan cantik yang gagah perkasa (versi Jawa), kemudian Bima yang banyak dijadikan nama produk, seperti minuman kesehatan ataupun bersama sang Istri, Arimbi yang dijadikan sebagai nama sebuah Bus.

Gatot Kaca terkenal karena slogan Otot Kuat Tulang Besi yang juga di pakai sebagai nama pesawat kebanggaan kita, N-250. Selain itu, kalau saya bertanya pada beberapa orang mengenal wayang atau tokohnya, mereka hanya terdiam dan bingung untuk menjawab. Sama juga ketika saya beberapa bulan lalu berkunjung Perpustakaan Umum Jakarta Pusat, di kawasan Tanah Abang, saat saya mencari buku-buku atau novelet tentang wayang nihil sama sekali. Sewaktu saya tanyakan kepada sang penjaga, hanya geleng-geleng kepala karena beliau pun bilang tidak tahu-menahu mengenai keberadaan buku wayang! Padahal, perpustakaan adalah ujung tombak untuk mengenalkan budaya asli nusantara, termasuk wayang kepada khalayak ramai, khususnya kaum pelajar.

Source kompasiana.com kompasiana.com/roelly87/550d404ba33311221e2e3a0e/ewayang-solusi-mengenalkan-wayang-pada-generasi-muda
Comments
Loading...