Wayang Indonesia : Wayang Sumber Kekerasan Ok

0 118

Sedang melukis dan mendengarkan wayang malam-malam ketika seorang teman pelukis yang berasal dari Bali, berambut gimbal ala Bob Marley datang. Dia masuk ke studio lalu mulai dengan bersemangat bercerita tentang pengalamannya yang baru saja terjadi di jalan.

Mas baru saja saya menonton tinju bebas di jalan. Ada tukang becak berkelahi dengan mahasiswa yang naik sepeda motor. Mereka srempetan lalu berkelahi. Padahal katanya orang Jawa sopan dan halus ya mas. Ternyata ada yang berkelahi di jalan juga ya?

Merasa diserang sebagai orang Jogja, secara instingtif (mungkin masih ada sisa-sisa binatang dalam diri saya yang berupa insting) saya tentu bertahan dan saya berkata:

Pasti bukan orang Jogja, pasti pendatang lah

Sesudah diam sejenak, saya bisa berpikir dan menjawab bukan berdasarkan insting yang defensif.

Orang baik ada di mana-mana, orang jahat ada di mana-mana. Orang Jawa ada yang halus dan sopan, ada juga yang brangasan, jahat dan ugal-ugalan

Jadi berpikir dari mana datangnya kekerasan pada orang Jawa. Padahal secara stereotipe orang Jawa sering disebut-sebut sopan dan halus. Hampir jam 12 malam dan wayang di radio tambah seru. Ada perkelahian yang terjadi di cerita itu. Saya jadi bertanya-tanya, mungkinkah kekerasan orang Jawa bersumber dari wayang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/ouda/55007775813311681ffa78a5/wayang-sumber-kekerasan-orang-jawa?page=all
Comments
Loading...