Wayang Indonesia : Wayang, Tema Juara I Ajang Karya

0 158

Tim Juara Pertama mengambil tema mengenai kesenian wayang orang dengan judul “Nilai-nilai Toleransi pada Kesenian Wayang Orang dalam Identitas di Dusun Tutup Ngisor” (Studi Kasus Kesenian Wayang Orang pada Padepokan Tjipta Budaya di Padukuhan Tutup Ngisor, Magelang, Jawa Tengah). Mereka mengambil Padepokan ini karena sesuai dengan tema yang diusung oleh UBM yakni “Mempertahankan Identitas Bangsa Indonesia”. Pengalaman penelitian di desa yang menjadi objek penelitian ini, mereka dapat memaparkan cara mempertahankan identitas bangsa di tengah arus globalisasi yang sedang menerpa.

Menurut mereka desa ini sebagai salah satu contoh desa yang mampu bertahan dari terpaan arus globalisasi, terbukti dengan kesenian Wayang Orang yang masih tetep eksis di dusun Tutup Ngisor. Mereka juga mengaku penelitian ini merupakan bukti untuk mempraktekan dari hasil belajar di kelas. Sedangkan Tim kedua, untuk menjawab tema besar yang diberikan oleh UBM mereka mengambil objek penelitian Mbelinger Shop. Mbelinger Shop ini merupakan distro yang menghasilkan produk-produk bernuansa Jawa. Judul penelitian mereka ialah “Ngangkat Penanaman Budaya Jawa dalam Strategi Pemasaran di Mbelinger Shop.”

Memilih Mbelinger Shop karena unik, mereka memasukkan budaya Jawa secara serius dalam usahanya. Distro ini juga memiliki staf-staf khusus yang mengerti budaya Jawa, untuk mengisi konten merchandise dan dekorasi ruangan

ungkap Paulus. Oleh karenanya, menurut tim distro.

Source Berita id.beritasatu.com/home/uajy-juara-i-dan-iii-ajang-karya-tulis-ilmiah-nasional-ubm/157053
Comments
Loading...