Wayang Indonesia : Zodiak dengan Tokoh Wayang

0 35

Mencocokkan karakter dengan zodiak atau mencocokkan karakter dengan golongan darah, mungkin sudah biasa. Museum yang terletak di jalan Yogyakarta – Wonosari km 7 menawarkan sebuah fasilitas unik, yaitu mencocokkan zodiak dengan tokoh pewayangan. Terletak di unit ke-5, museum Wayang Kekayon menampilkan sebuah display berisikan daftar zodiak dan jenis wayang dipajang. Ada 24 tokoh wayang yang melambangkan setiap zodiak. Masing-masing zodiak memiliki dua tokoh wayang yaitu tokoh perempuan dan laki-laki.

Contohnya ini ada Dewi Uma dan Kresna untuk zodiak gemini terus Dewi Sri dan Hanoman untuk cancer

Bagi yang memiliki zodiak sagitarius maka tokoh wayang Anda adalah Baladewa dan Rarasati. Sementara capricorn ada Kumbokarno dan Siti Sundari. Libra memiliki tokoh wayang Samba dan Bonowati. Scorpio yaitu tokoh Semar dan Sembadra. Leo, Srikandi dan Werkudara. Virgo, Trijata dan Ontosena. Aquarius, Kamaratih dan Arjuna. Pisces, Ramawijaya dan Drupadi. Aries, Mustakaweni dan Gatotkaca. Lalu zodiak taurus memiliki Puntadewa dan Dewi Shinta.

Salah satu spot inilah yang menjadikan museum Wayang Kekayon memiliki keunikan tersendiri. Pencocokan tokoh wayang tersebut dengan zodiak dilakukan oleh pendiri museum yaitu Prof. DR. Dr. KPH. Soejono Prawirohadikusumo.

Itu adalah salah satu metode kita untuk menyampaikan wayang.

Source Kumparan kumparan.com/tugujogja/cocokan-karakter-zodiakmu-dengan-tokoh-pewayangan-di-museum-ini
Comments
Loading...